Bahan Bakar Menggunakan Bir

WASHINGTON – Di tengah ketakutan terhadap kelangkaan bahan bakar minyak di masa mendatang, beberapa negara berusaha mengembangkan bahan bakar alternatif . Sebuah perusahaan bir asal Amerika Serikat dikabarkan sedang mengembangkan sebuah sistem untuk membuat bahan bakar ethanol dari sisa proses peragian bir.

Seperti dilansir Livescience, Minggu (8/2/2009), Sierra Nevada Brewing Co, di Chico California, sedang bekerja sama dengan E-Fuel Corporation untuk mengembangkan sistem pembuatan biofuel, yang dinamakan MicroFueler.

Sierra Nevada akan memulai pengembangan sistem itu pada kuartal kedua 2009, dan diperkirakan di akhir kuartal ketiga sudah dapat memproduksi bahan bakar tersebut secara masal.

“Pengembangan bahan bakar itu akan berpotensi menjadi suatu yang sangat besar bagi lingkungan,” kata pendiri sekaligus Presiden Sierra Nevada Brewing Co., Ken Grossman.

Selama ini, sisa pemrosesan bir mengandung sekira 5-8 persen alkohol. Dengan sistem tersebut, level kandungan alkohol akan ditingkatkan menjadi alkohol 15 persen untuk menjadi bahan bakar.

“Penggunaan bahan bakar dari sisa-sisa produksi bir akan membuat mobil Anda lebih ramah lingkungan dan dapat menghemat uang di dompet anda,” kata CEO E-Fuel, Tom Quinn.

sumber : okezone.com

1 Komentar

  1. 14/02/2009 pada 12:37 PM

    kalau itu bisa menjadi solusinya sih nggak apa-apa
    terus cara pembuatannya gimana nih?
    sykurlah kalau harganya bisa lebih murah kan kita bisa hemat untuk yang lain


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: