Ragam Modus Pencurian Motor

Zaman sekarang Sepeda Motor Bukanlah Sebuah kendaraan Mewah.
Kendaraan Ini sudah sangat mudah di temui di segala Penjuru Kota Bahkan sudah Merambah Ke pedesaan dan bahkan pulau-pulau kecil di INDONESIA.
Walaupun kendaraan ini tidak termasuk barang mewah, tetap saja bagi sebahagian besar masyarakat indonesia merasakan kendaraan ini merupakan kendaraan mahal tergantung dari daya beli masyarakat.
Dengan semakin merebaknya pengguna kendaraan ini membuat rasa aman justru semakin sulit yaitu dengan semakin banyaknya tindakan kriminal dengan bermacam modus hanya untuk mendapatkan kendaraan roda dua ini..
berikut ini saya memiliki beragam modus yang biasa di gunakan oleh para pelaku CURANMOR dalam malakukan aksinya..:

1.Biasanya Pelaku pencurian sepeda motor mempergunakan kunci T. teTapi seiring perkembangan jaman, modus ranmor seperti ini sangat mudah diketahui oleh penjaga.

2. Mengganti plat sepeda motor. Modus ini termasuk sederhana tapi cukup ampuh. Umumnya dilakukan pada area parkir yang sepi dari penjagaan. Biasanya, pelaku masuk ke area parkir dengan motornya sendiri, yang lengkap dengan STNK. Tak lupa, ia membawa plat nomor 2 pasang yang sama dengan nomor polisi motornya. Setelah sampai di dalam, si pelaku mencari motor yang sesuai tipe motor miliknya. Begitu ketemu, nopol milik motor korban dicopot dan diganti dengan nopol bawaan. Setelah itu, pelaku dengan santai pergi melewati kasir parkir dengan alasan karcis hilang. Petugas parkir yang hanya mencocokkan STNK dengan nopol motor yang dipakai si pelaku pun meloloskan motor tanpa curiga. Sebaliknya, begitu motor incaran berhasil dicuri, pelaku atau temannya kembali lagi ke area parkir untuk mengambil motornya sendiri.

3. Jual parfum oleh wanita cantik. Modus ini masih awan di kalangan pemilik sepeda motor. Prakteknya dengan cara berpura-pura menawarkan parfum. Alih-alih menyemprotkan minyak wangi, ternyata obat bius. Si pemilik kendaraan pun tak sadarkan diri. Begitu tersadar, kendaraannya telah raib dicuri wanita si penjual minyak bius.

4. Menyamar sebagai anggota reserse. Modus ini yang sering mengecohkan pemilik kendaraan sepeda motor. Pelaku biasanya menyamar sebagai anggota kepolisian (beberapa kasus malahan berseragam lengkap). Korban biasanya dituduh terlibat pelanggaran hukum, dimana ia harus menyerahkan sepeda motornya untuk dibawa ke kantor polisi. Namun di tengah perjalanan, pelaku dan gerombolannya akan raib di tengah jalan, meninggalkan korban seorang diri. Jurus menghadapi modus curanmor model ini adalah menanyakan surat tugas sembari mengkonfirmasi dengan markas kepolisian terdekat.

5. Memperdaya korban dengan meracun. Modus ini dikenal cukup ekstrim dan sadis. Selain ingin menguasai motor korbannya, pelaku juga membunuh si pemilik kendaraan. Tragedi ini menimpa tukang ojek di daerah Bekasi. Pasalnya, cara ini digunakan untuk menghilangkan saksi mata sekaligus menghilangan nyawa korban.

6. Mengganti rumah kunci. Modus ini hanya perlu obeng dan modal membeli rumah kunci sekitar Rp 25.000. Motor yang diincar biasanya yang terparkir di area yang sepi penjagaan. Rumah kunci motor incaran dilepas dan diganti dengan rumah kunci bawaan si pelaku, sehingga motor bisa distarter pelaku dengan kunci barunya. Pekerjaan ini dilakukan tanpa bekas, sehingga tak mencurigakan bagi petugas kasir perparkiran.

7. Tak Pelak pelaku juga sering menggunakan kekerasan bahkan tak segan-segan untuk menghilangkan nyawa pemiliknya, misalnya pada malam hari di daerah yang sunyi pelaku berpura-pura meminta pertolongan dari pengemudi motor yang lewat, selanjutnya ia melakukan kekerasan pada targetnya.

Sebaiknya Kita Lebih Berhati-hati dalam Membawa Sepeda motor.
dan selalu tingkatkan kewaspadaan terhadap diri kita dan kendaraan kita..

dan jangan lupa selalu ber Do’a sebelum dan dalam Perjalanan, agar kita selalu selamat…

sumber: http://www.detikoto.com

About these ads

4 Komentar

  1. ginto riyadi said,

    03/05/2009 pada 2:47 PM

    kak boleh ngak saya jadikan bahan skripsi

  2. rusdi86 said,

    04/05/2009 pada 1:31 PM

    @ ginto

    boleh aja koq….
    gak ada yg larang….
    saya malah bersyukur kalo artikelnya bisa bermanfaat untuk siapa saja….

  3. 14/07/2011 pada 9:46 PM

    tips yg cukup membantu bro. thanks ya..
    barusan td malem ada pencurian juga di kosanku.

  4. ginto riyadi said,

    24/02/2013 pada 4:36 AM

    thanks y kak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: